23/01/2017

Tips Bagaimana Etika Mengirim Pesan yang Baik Kepada Dosen dan Karyawan di Perguruan TInggi

pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips tentang tips bagaimana etika mengirim pesan yang baik kepada dosen dan karyawan di perguruan tinggi. sering kali pada saat kita sms baik itu kepada dosen maupun karyawan sering menggunakan kata kata yang langsung to the point (langsung pada intinya), padahal itu merupakan tindakan yang kurang benar menurut etika dalam menuntut ilmu.lalu bagaimanakah etika yang benar dalam mengirimkan pesan baik itu sms, bbm, whatsapp, atau media pengiriman pesan lainnya seperti email. berikut penjelasan Tips Bagaimana Etika Mengirim Pesan yang Baik Kepada Dosen dan Karyawan di Perguruan Tinggi.
http://serba-makalah.blogspot.co.id/2017/01/tips-bagaimana-etika-mengirim-pesan-yang-baik-kepada-dosen-dan-karyawan-di-perguruan-tinggi.html

Perhatikan Waktu Pengiriman Pesan
mengirim pesan pada saat hari dan jam kerja, biasanya kita sering mengirim pesan pada waktu diluar jam kerja dan itu kurang sopan.
Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
 bukan bahasa gaul (alay) atau bahasa daerah, biasanya dalam mengirim sms pasti ada yang diselipkan bahasa bahasa gaul dan alay, otw, dan lain lain.
Dimulai dengan Salam
ucapkan salam "Assalamua'laikum" dan jangan disingkat, dalam mengirim pesan kepada siapapun alangkah baiknya dimulai dengan salam, untuk membuka pintu rahmat-Nya.
Tulis Identitas Anda
sebaiknya dalam menulis SMS, WA, dll sertakan identitas anda dengan baik sebab Dosen bukanlah phonebook berjalan yang menyimpan begitu banyak nomor telepon dalam memorinya. mungkin ini yang sering kali kita lupa, mengirim pesan tanpa disertai identitas memang beresiko, seperti pesan tidak di balas, tetapi untuk yang sudah kenal hal ini bisa diantisipasi.
Tuliskan Keperluan dengan Jelas dan Singkat
tulis pesan anda dengan singkat dan jelas, jangan bertele tele atau kepanjangan
Ucapkan Maaf untuk Menunjukkan Kerendahan Hati Anda
sebagai bentuk penghormatan atas mengganggu waktunya, gunakan kata maaf di awal atau diakhir pesan anda. kata maaf pada sebuah pesan menunjukan arti yang mendalam.
Akhiri dengan Ucapan Terima Kasih
contoh: Assalamu'alaikum Wr.Wb, Selamat siang Bapak/Ibu, saya Toha, mahasiswa Hukum semester VII. Maaf pak/bu saya mau menanyakan apakah besok bapak ada waktu untuk bimbingan skripsi? Maaf mengganggu. Terima Kasih
sekian sedikit tips mengenai Bagaimana Etika Mengirim Pesan yang Baik Kepada Dosen dan Karyawan di Perguruan Tinggi. sekian dan terimakasih. mohon maaf apabila ada tutur kata yang mengganggu para pembaca sekalian.

Artikel Terkait

Tips Bagaimana Etika Mengirim Pesan yang Baik Kepada Dosen dan Karyawan di Perguruan TInggi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email