23/02/2015

Makalah Wawancara Pengetahuan Caleg Tentang Wawasan Kenegaraan


A.   Latar Belakang Masalah
Di era reformasi ini pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan harus dikembalikan pada relnya agar warga negara mengetahui hak dan kewajibannya sebagai warga Negara. Dengan mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga Negara, maka rakyat akan mempunyai kesadaran untuk mematuhi segala aturan main yang ada dalam konstitusi serta mempunyai peran untuk membangun bangsa dan negarannya. Rakyat yang cerdas dan tersadarkan juga akan mampu mengontrol jalannaya pemerintahan dengan baik agar pemerintah tidak keluar dari konstitusi dan ketetapan hukum lain di bawahnya. Dengan adanya kontrol dari rakyat, maka pemerintah tidak bisa berlaku sewenang wenang dalam menjalankan roda pemerintahannya sehingga kehidupan demokrasi dapat berjalan dengan baik.


B.   Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka rumusan masalah pada makalah ini adalah:
1.      Apa pengertianKewarganegaraan menurut sudut pandang Caleg DPR RI ?
2.      Apa saja program partai Gerndra ?
3.      Apa tujuan jadi Caleg ?
4.      Bagaimana peran PKB bila dikaitkan dengan konteks sekarang ?
5.      Apa sajaprospek kedepan anda bila diterima jadi Caleg ?
C.   Tujuan Penelitian
Setiap penelitian pasti memiliki tujuan dan tujuan tersebut harus tercapai, adapun tujuan penelitian dalam makalah ini adalah:
1.      Untuk mengetahui bagaimana arti kewarganegaraan dari Caleg ?
2.      Untuk mengetahui program partai PKB ?
3.      Untuk mengetahui apa tujuan jadi Caleg ?
4.      Untuk mengetahui unsur peran PKB bila dikaitkan dengan konteks sekarang ?
5.      Untuk mengetahui prospek kedepan bila diterima jadi Caleg ?
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Kewarganegaraan Menurut Pandangan Caleg

Merupakan aturan tentang sesuatu yang menyangkut masalah kebersamaan dalam suatu masyarakat dengan aktifitas yang bermanfaat misalnya gotong royong dan lain sebagainya, karena di masyarakat kita dituntut bagaimana menjadikan diri kita menjadi agen perubahan yang ada di masyarakat.
Sementara kita makin kesini semakin melupakan pentingnya kebersamaan, kita harus punya rasa kebersamaan baik dalam masalah yang kecil maupun yang besar, walaupun hanya main main ke tempat kecil atau semisalnya untuk menjaga spirit kebersamaan. sementara dalam konteks sekarang tidak bisanya kebersamaan berlangsung ditengah masyarakat karena adanya pergeseran zaman dan budaya dimana menjadikan para pemuda sekarang kehilangan semangat juang untuk sekedar berkumpul bersama. Jaman sekarang sudah semakin berkembangnya teknologi dan komunikasi dengan perean sosial media semisalnya facebook, twitter dan lain sebagainya menjadikan kita enggan berkumpul bersama dan lebih cenderung individualistik.
Tidak hanya pada aspek individu saja, tetapi nagaimana individu tersebut bisa mempengaruhi lingkungan sekitar dan juga dalam cakupan lintas agama. Negara kita memiliki Lima Agama diantaranya yakni : Islam, Kristen, Budha, Katholik dan Hindu dan juga Kong hu chu, kita harus berfikir jernih dalam mengambil keputusan bergaul dengan mereka.Kita bukan generasi penerus Arab maka jadilah generasi penerus ala Indonesia, kita harus junjung kebudayaan kita di masing masing daerah kita yang berasal dari Kebumen ya harus anut prinsip ala kebumen begitu pula di daerah yang lain. Tentu memiliki tingkat kesopanan yang berbeda beda.
Tetu dari kebersamaan tersebut muncul asal usul siapakah yang memulainya ? Kita sebagai warga negara Indonesia yang mau mengamalkan Pancasila maka jangan lupa kita mengenag jasa jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, terutama pahlawan yang berada dijalur agama dengan prinsip mereka yang kuat mereka bukan hanya merubah diri mereka tetapi juga merubah tatanan bangsa kita menuju yang lebih baik dari tahun ke tahun, dengan cara terus belajar dan belajar dari sejarah sejarah berupa kisah maupun berupa periodifikasi yang telah disusun secara sistematematis sejak jaman penjajahan belanda sampai sekarang era modern, kita akan tahu betapa besar perenan mereka dalam memaksimalkan suara terbanyak. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.
Kita terkenal dengan budaya yang sopan santun jaman dulu maka kita sebagai penerus bangsa harus meniru bukannya malah terkenal dengan Islam yang enggan untuk membantu sesama muslim yang kekurangan dan juga uluran tangan kita sangat dibutuhkan bagi mereka yang benar benar membutuhkan.
Sejarah mencatat apabila seluruh komponen masyarakat yang ada di Indonesia bersatu maka niscaya kesejahteraan pun akan mudah dicapai dengan adanya penerapan nilai nilai keagamaan yang kuat dan senantiasa fokus bahwa kita masing masing pribadi memiliki tanggung jawab bernegara yang hanya bisa diwujudkan kearah cita cita mulia jika kebersamaan dalam masyarakat kita bangun dengan cara menyadarkan betapa pentingnya musyawarah dan kumpul kumpil dalam memecahkan suatu problem masalah yang dihadapi.
B.     Program Partai PKB
Bagaimana peluang partai PKB di Yogyakarta yang kebanyakan masyarakat adalah Muhammadiyah ?
Indonesia adalah terkenal dengan sistem keberagaman yang kental,dimana disitu ada Muhammadiyah dan NU, sementara mengenai peluan tersebut lumayan terbuka karena kami mengandalkan wilayah dimana ada sebagian wilayah yang memang kekuasaan mutlak dan mayoritas NU ada disana, tak lupa pula peran dari Pondok pesantren berbasis NU misalnya : wahid hasyim, pandanaran, langitan, krapyak dan masih banyak lagi. Dan diharapkan semuanya ikut berpartisipasi dalam pemilu.
Visi misi bapak jadi Caleg ?
Sebenarnya prinsip awal dalam suatu tindakan adalah dengan adanya niat jangan sampai kita salah niat dan hanya ingin memperebutkan kekuasaan yang akibatnya berdampak buruk bagi tatanan masyarakat Indonesia. Dan juga harus adanya hubungan yang jelas antara pemerintahan pusat dengan daerah, dan kenyataanya sekarang ini banyak yang kehilangan koordinasi yang berimbas pada masyarakat.
Menurut bapak masalah apa yang paling serius dihadapi di Yogyakarta ?
Kurang adanya sikap transparan pemerintah terhadap permasalahan maupun seluruh aspek yang melatarbelakangi kepentingan banyak mulai dari ranting sampai atasan, lagi lagi tidak adanya komunikasi yang sehat antara kedua belah pihak sehingga tujuan yang dicapai tidaklah maksimal.partai partai mulai bermunculan dari yang tadinya hanya sedikit saja yang muncul, malah sekarang kebalikannya banyak sekali partai partai baru yang bermunculan dan juga membawa visi dan misi yang berbeda dan beraneka ragam pula. Dalam konteks ini kita harus pintar pintar dalam memilih wakil mana yang akan bisa bertanggung jawab memegang jabatan yang telah diamanatkan kepadannya, dan juga bisa membawa bangsa kita maju, dan mengenai sifat pemimpin tersebut haruslah memiliki sifat yang amanah tapi yang namanya sifat seseorang pastilah ada yang baik dan buruk ada yang sifat positif dan negatif saling melengkapi.
Misalnya dalam kasus korupsi, ternyata mereka yang tersangkut korupsi adalah partai partai yang memiliki kepentingan, ingin menjadikan calonya yang akan maju menjadi nomor satu, secara otomatis ada aliran dana yang mengalir untuk membiayai calonya tersebut untuk dapat terus maju dan maju.
Partai PKB merupakan partai yang Islamis tetapi memiliki power spirit of religion yang kuat untuk bisa mencalonkan para Caleg untuk menduduki kursi di masing masing lembaga, salah satu pengaruhnya adalah masalah dana, katanya partai Gerindra memiliki dana yang minim, dikarenakan kurang adanya dukungan dari orang yang bermodal.Walaupun begitu tetapi banyak yang berdecak kagum dengan PKB sebagai partai beraliran keagamaan NU yang Masih bertahan sejak jaman lama yakni sebelum kemerdekaan dengan pengorbanan yang tiada habisnya dari para Ulama, Makanya dengan mudahnya PKB menggandeng para kepala desa di masing masing provinsi di Indonesia yang beraliran NU. uintuk menjalin dukungan sebanyak banyaknya dari warga Indonesia dengan harapan kedepanya partai Islam bisa menjadi contoh dari partai lain. Fokusan PKB selanjutnya adalah bagaimana membangun bangsa Indonesia yang bisa memaksimalkan sumber daya manusia yang bermoral dan berakhlaq misalnya dari bidang keagamaan, maka Indonesia harus menancapkan aspek aspek Islam dalam sendi sendi kehidupan dengan rekatnya agar tidak mudah goyah. Sementara yang mulai dibangun pertama dalam membangun bangsa adalah dari sektor pendidikan keagamaan dulu, seperti yang terdapat pada salah satu tujuan negara Indonesia yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa….partai PKB memang berdasarkan atas keinginan yang kuat dari parapendirinnya untuk mensejahterakan moral dahulu. Semua kitatahu bahwa kekayaan alam Indonesia terbesar ketiga di dunia. Tetapi kekayaan alam yang luar biasa tersebut belum berdampak signifikan terhadap kesejahteraan dan kemajuan bangsa kita. Diperlukan juga adanya kekayaan moral berupa akhlaq yang dilandasi dengan iman dan taqwa dan meniti hidup ini hanya karena Allah semata dan tidak silau akan kemegahan dunia. Kita tahu, setiap tahun lebih dari 200 ribu orang Indonesia berangkat haji, tetapi kita juga tahu korupsi masih menjadi berita sehari hari. Kita tahu bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beradab, ramah dan toleran. Tetapi kita juga tahu bahwa kekerasan masih terjadi di mana mana, entah itu atas nama agama, politik, ataupus ras atau suku. Kita semua lahir dalam keadaan Indonesia masih menjadi negara berkembang. Kini setelah merdeka 68 tahun Indonesia pun masih tetap menjadi negara berkembang, dan bahkan ketika kita semua sudah meninggal dunia ini, bangsa kita pun masih tetap negara berkembang. Kemudian yang tak kalah penting adalah masalah Teknologi ini pun menjadi aspek yang penting dalam membangun kecerdasan dari segi pendidikan IT. salah satu tindakan pemerintah yakni“dengan menjadikan mata peajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai mata pelajaran yang harus dikuasai dalam menunjang kehidupan sebagai warga yang tidak ketinggalan peradaban (jadul).

C.     Tujuan Jadi Caleg
Apakah bapak mencalonkan diri atas dasar kemauan sendiri atau amanat dari rakyat ?
Alhamdulillah saya sendiri dipilih oleh para masyarakat dan juga tentu dari partai PKB sendiri, ini merupakan amanat yang besar dimana kita harus menjaga tanggungjawab kita sebagai warga negara, sementara untuk masyarakat yang notabenya pesantren yang berada dikediamannya, bapak hanya berharap doa restunya dari para Kyai dan santri, nah mudah mudahanhanya dengan niat yang tulus maka semuanya akan berjalan dengan lancar, Amin.
Sudahkah berjalan dengan baik otonomi daerah di Yogyakarta ?
Belum karena memang tidak ada yang mengawasi tindakan di daerah daerah yang butuh pembangunan, walaupun dana telah turun tetapi malah telah jatuh ketangan atasan terlebih dahulu baru ditangan masyarakat itupun hanya sebagian kecil dari dana yang diberikan oleh Pusat untuk pembangunan masyarakat marginal. Harus benar benar tahu kondisi masyarakat yang membutuhkan tidak asal asalan dalam mengambil keputusan.

D.    Pengamatan Tentang Masalah Kenegaraan
Bagaimana agar sendi sendi dan konsep yang bermacam macam tersebut dapat disatukan dalam satu wadah dengan tanpa mengurangi makna kemaslahatan umum ?
Kebersamaan adalah segalanya bagaimana kita dapat hidup bersama dalam satu wadah yakni NKRI dengan aturan yang berlaku maka diperlukan adanya interkoneksi antara semua komponen pembangun moral yang selanjutnya direfleksikan dengan konteks yang ada.
1.      Tauhid
Yang menjadi hal yang utama dan yang pailing utama dalam hal ini adalah bagaimana kita mengakui bahwa Allah itu adalah Esa, dengan cara syahadattain lah umat Islam mengakui keagungan dan keesaan Tuhan yang Maha Esa, bukan hanya diucapkan di lisan tetapi juga harus di hayati dalam hati yang paling dalam.
Karena kita adalah umatyang majemuk yang terdiri dari bermacam macam rasdan juga suku maka kita harus bertaqwa dan percaya terhadap apa yang kita pegang akidah yang kita pegang dan janganlah saling membeda bedakan antara satu agama dan agama lainnya.Nilai kebaikan Indonesia yang harus senantiasa kita pegang adalah bagaimana kita bekerja sama dengan pemeluk agama lain dalam membina dan menjunjung tinggi kebersamaan dalam suka maupun duka.
Janganlah kita sampai terpecah belah hanya karena masalah sepele yang di besar besarkan dan pada akhirnya tidak ada ujung dalam menyelesaikan masalah, tetaplah pada jalan yang benar yakni senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama agar tercipta keharmonisan yang nyata yang yang harus kita buktikan dengan bukti dan praktek yang nyata di lapangan.
Dan yang terpenting adalah Ibda’ binafsik bagaimana kita memulai dari diri kita sendiri kita harus menciptakan benteng yang kuat untuk menahan hawa nafsu kita seolah oleh Tuhan bersama dengan kita.
Jika ada orang yang beribadah tetapi beda dengan kita baik dalam konflok internal agama maupun eksternal agama masing masing maka hormatilah dengan memberikan rasa sempati dan juga kebebasan dalam beragama yang tentu saja dilandasi dengan Al Qur’an dan Hadits.
Janganlan kita memaksa seseorang untuk ikut ikut kita dan mengklaim bahwa kita lah yang paling benar, karena sejatinnya Allah sangat mencintai perbedaan yang sebagai simbol bahwa pengetahuan sangatlah penting dalam memahami agama yang kita anut apakah sudah benar ataukah masih butuh evaluasi untuk memeluk agama yang Hakiki menurut hati yang terdalam.
2.      HAM
Manusia adalah mahluk yang beradab maka manusia haruslah di manusiakan dan di perlukan sebagaimana manusia pada umumnya,  dan jangan sekali kali melakukan tindakan diskriminasai karena itu merupakan hal yang tidak beradab.
Setiap manusia memiliki derajat yang sama di hadapan Allah SWT hanya saja yang membedakan adalah tingkat ketakwaannya, setiap umat manusia harus salaing menghargai perbedaan yang ada di sela sela hidup ini, dengan kata lain kita berlaku adil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Setiap manusia haruslah memiliki sikap saling sayang menyayangi karena dengan cara seperti ini di anggap efektif untuk menciptakan rasa keadilan dan keberadaan. Kasih sayang disini bukan kasih sayang yang negatif yang hannya mementingkan hawa nafsu semata.
Dengan cara memberikan rasa simpati misalnnya, saat teman atau tetangga kita dalam kondisi sakitatau tertimpa musibah maka kita harus segera menjenguknya dan setidaknya memberikan santunan kepada mereka sebagai wujud kepedulian kita kepada mereka.
Janganlah kita berbuat semena mena terhadap orang lain, yang secara naruniah akan mempengaruhi jiwa dan psikologi mereka dalam menjalankan kehidupan berbangsa.
Hormatilah orang yang kita kagumi karena Allah karena itu adalah bagian dari sifat rasa kasih dan sayang dan juga sebagai wujud kepedulian yang nyata yang dapat di buktikan dengan cara kita melakukannya tanpa membeda bedakan siapa orangnya, kedudukannya, maupun keadaannya.
Hal lain yang bisa kita lakukan sebagai wujud rasa hormat dan peduli kita adalah dengan memberikan santunan kepada mereka anak yatim piatu yang sudah jelas bagi mereka bahwa mereka sangat membutuhkan uluran tangan dari para Pejabat Elit di wilayah jajaran Pemerintahan.
Dan apabila rakyat tidak mendapat Haknya maka rakyat boleh protes dengan cara unjuk rasa sebagai bukti dan introspeksi bahwa janji janji DPR benar benar nyata dan terbukti terlaksana program demi program yang telah di susun.
Kita semua pada kesimpulannya adalah satu nusa satu bangsa satu bahasa, dan juga merupakan dan pengibaratkan bahwa kita adalah ibarat satu badan dan apabila anggota badan kita ada yang merasa sakit maka bagian aggota lain juga merasakan dampak dan juga akibat dari apa yang telah terjadi.
Sebagai penyelesaiana dari semua masalah yang ada di Indonesia ini maka kita arus bersifat terbuka dan harus saling menjaga dan mempererat hubungan silaturahmi pada khususnya antara negara negara muslim dan juga non muslim dengan ini semua permasalahan yang ada akan bisa selesai dengan sendirinnya.
3.      Gotong Royong
Yang pada intinya merupakan satu kesatuan dari apa yang telah panjang lebar di jelaskan pada sila sila sebelumnya, dan harus berlandaskan prinsip mementingkan kepentingan kelompok daripada kepentingan individu. Inilah tugas yang di bilang berat manutut saya bagi kalangan DPRD maupun Caleg, hanya orang orang tertentulah yang dapat menjalankan ini sesuai dengan kaidah yang di rumuskan.
Dalam hal ini para Caleg juga harus rela berkorban uangnya habis untuk modal promosi dan kunjungan kunjungnan danjuga harus bersifat lapang dada terhadap apa yang di dapat oleh pihak Partai.
Tentu saja rasa rela berkorban ini dilandasi dengan semangat Nasionalisme atau cinta tanah air Indonesia. Dan tentunya juga harus bangga karena para Caleg adalah orang Indonesia dan mereka siap untuk menjadikan dan jugamembuat satu Indonesia minimal di bawah naungan kedaerahan. Semangat itulah yang hanya ada pada dasar negara kita yakni Pancasila yang menyatukan kita semua di bawah naungan garuda sebagai lambang pemersatu bangsa.

4.      Adanya timbal balik antara pemimpin dan rakyat
Setiap orang terlahir di dunia ini tentu dengan Hak asasi manusia yakni hak yang di bawa sejak lahir sebagai wujud perlindungan Allah kepada kita semua sebagai Khalifah fil Ardhi.
Hak antara seseorang dan orang lain berbeda, maka kita tidak harus memaksakan kehendak terhadap apa yang kita  yakini, kebenaran bersifat relatif tergantung kepada orang yang memendangnya dari segi dan perspektif apa.
Maka dalam menentukan suatu keputusan yang itu dianggap mennyangkut kepentingan orang banyak maka harus di Musyawarahkan agar tercipta dan terwujud kesepakatan yang itu di setujui dan di sepakati oleh semua yang hadir di Majelis Permuasyawaratan Rakyat dalam lembaga pemerintahan.
Dan yang perllu untuk di catat dalam masalah musyawarah adalah kita harus menghargai setiap pendapat yang di utarakan oleh para hadirin yang datang yang turut serta untuk menyuarakan aspirasinnya dalam musyawarah.
Setelah para hadirin yang hadir dalam Rapat mencapai kata sepakat dalam pengambilan ataupun pemecahan suatu masalah yang di landasi dengan hati nurani yang mantap dan pasti maka kesepakatan tersebut telah berubah menjadi tanggung jawab untuk kita melaksanakan apa yang telah di sepakati bersama ,hal ini tidaklah mudah karena diperlukan kerjasama dan korelasi serta sinergi yang kuat agar rencana dan tujuan yang sudah di susun dan di buat dapat terlaksana dengan pasti, dan imbasnya adalah kesejahteraan Rakyat.

5.      Keadilan yang mencakup sendi sendi yang luas.
Kekuatan sosial sangat berpengaruh terhadap pembangunan banga karena di dalamnya terdapat sikap saling bahu membahu dan semangat gotong royong untuk mewujudkan keadilan yang di damba dambakan sejak Indonesia merdeka sampai sekarang.
Sifat Adil memeng memegang peranan yang sangat penting bagi dimensi kenegaraan yang di dalamnya terdapat serangkaian aturan baik yang sejah lahir maupun telah ada setelah mengalami proses yang panjang dalam membentuk suatu landasan Hak dan Kewajiban, antara kedua ini haruslah sama sama mengimbangi dan juga mengisi kekurangan dan kelebihan masing masing tanggungan melalui rasa toleran yang di bangun dari dalam diri sendiri.
Seperti yang sudah di singgung di depan bahwa erat hubungannya dengan sikap tolong menolong, seseorang tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya bantuan ataupun aparatur negara (kabinet) yang membantu kepentingan presiden.
Dalam hal ini sangat di singgung mengenai masalah korupsi dimana dalam hal ini diartikan sebagai suatu pengambilan hak milik yang jatuhnya bukan pada tempatnya melainkan jatuh pada tempat yang tak semestinnya (Dholim). Maka cara yang terbaik adalah dengan cara satu kunci yakni kerja keras, baik dalam memberantas korupsi yang semakin meraja lela atau bahkan mengenai kerja kerasdalam artian bahwa kita harus mencari riski yang halal dan wajar manurut ketentuan yang berklaku bukan melalu cara cara kotor seperti korupsi dan lain sebagainnya yang merugikan bangsa dan negara.
Dan juga tak lupa untuk menghargai karya orang lain dalam setiap partisipasi, misalnya kita patut mengacungkan dua jempol kepada para pemuda pemudi kita yang sukses merebut mendali emas dalam Olimpiade dan juga karya karya temuan mereka yang berguna bagi kemajuan bangsa di masa yang akan datang.

E.     Prospek Kedepan Bila Jadi Caleg
Harapan bapak bila diterima menjadi Caleg ?
bahwa disini lebih ke amanat bagaimana seseorang ditunut untuk menjadi wakil aspirasi rakyat yang harus mampu dan paham benar tentang masalah yang ada di masyarakat. Masalah lokalisasi memang tidak ada akhirnya bagaimana harus ada pereturan dari PEMDA sendiri yang melarang dan membubarkan sosialisasi, tentu itu sudah dipikirkan jauh jauh hari masalahnya adalah ketakutan apabila dibubarkan justru perzinaan akan dilakukan di sembarang tempat dan akan mengakibatkan rusaknya tatanan moral yang menyeluruh. Yang tadinya tidak mau menjadi mau karena pengaruh yang kuat dalam nafsu dan amarah.
Mengenai hal ini memang tujuan kadang dapat berubah arah sesuai dengan situasi dan kondisi dari masing masing Parpol, dan setelah panjang lebar maka dapat saya simpulkan bahwa tujuan setelah jadi caleg adalah sama halnya dengan Misi partai PKB, yang tujuannya nyata dan tidak abstrak hanya berupaya sekuat tenaga untuk mensejahterakan rakyat khususnya yang berada di kawasan kota Yogyakarta, dan lebih khusus di daerah Gaten, Depok, Sleman. Dan juga tidak menuntut lebih untuk menjadi caleg karena melihat aspirasi rakyat besar maka peluang pun akan semakin besar pula, semakin besar peluang maka akan semakin besar pula tanggung jawab.
Dan sesuai dengan keadaan di Yogyakarta dengan adanya iklim pesantren yang menjamur di Yogyakarta, diharapkan dari Caleg agar terjadi hubungan timbal balik antara kehidupan masyarakat dengan kehidupan pesantren, sebab banyak yang hanya mementingkan kepentingan pribadi masing masing dan sibuk dengan kepentingan golongan tanpa ingin tau kepentingan golongan lain.
Mengenai masalah demo berharap agar ada organisasi yang menyeleksi kepentingan demo, dan sebelum demo harus mengajukan surat izin demo beserta konsep dan runtutan apa yang akan di ajukan dalam demonstrasi, masalah harus jelas dan hanya demi tujuan kemaslahatan.



BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari hasil Wawancara saya dengan Narasumber yang tekait yakni mengenai Tugas Kewarganegaraan,bahwa Narasumber yang kami wawancarai langsung di kediamanya di dekat PP. Wahid Hasyim yang alhamdulilah mendapatkan beberapa inrormasi terkait Caleg, dan beliau memesan bahwa di mohon kepada seluruh warga yang bermukim khususnya di pondok maupun kos kosan untuk dapat memberikan hak suaranya yang akan di lakukan pada tanggal 9 April 2014, dengan mengajukan surat pernyataan kepada pihak yang berwenang.Di sini saya sangat terkagum terhadap para keturunan dan anak cucu sang Kyai dimana mereka sangat berperan sekali dalam memajukan peradaban berdasarkan tatanan norma yang baik, mereka sanggup menjadi pemimpin di masing masing bidang mereka ada yang berwira usaha, ada yang mendirikan lembaga ilmu dan lain sebagainya. Agak menyinggung bahwa peranan pesantren juga tidak lepas dari kesuksesan para kader kader pemimpin mereka, walaupun tidak semua santri akan menjadi kader pemimpin kelak. Tetapi, minimal telah mendapat konsep mengenai bagaimana menjadi pemimpin yang sanggup membawa masyarakatnya ke dalam tatanan yang benar menurut syariat Islam. Kita perlu mengingat bagaimana pengorbanan NU dalam membina masyarakat pedesaan sehingga kita melihat mereka selalu tampak tersenyum baik dikala sedih maupun senang. Prinsip dasar NU ililah yang akan kita bawa bersama menuju kesuksesan dunia dan akherat, semua agama pada dasarnya mempunyai kunci kebenaran mereka sendri sendiri dan Islam dengan ahli sunnah wal jamaah lah yang mempunyai kunci terbanyak.
Partai PKB adalah sekian banyak partai yang lolos verifikasi yang tadinya berjumlah 33 mejadi kurang lebih 15, karena suara terbanyak sangat menentukan bagaimana kelangsungan dan kejayaan masing masing patai yang menandai bahwa masih dipercayainya partai tersebut dalam memajukan masyarakat yang kekurangan.
Wallaohua’lam bissowab.


B.     Saran
Untuk tugas yang akan datang mudah mudahan seperti ini karena dengan adanya tugas seperti ini kita menjadi terlatih, bagaimana kita dapat berkumpul dan berbincang dengan calon wakil rakyat yang akan mewakili aspirasi seluruh rakyatnya, dengan adanya pelatihan lapangan ini diharapkan kita tidak salah persepsi mengenai partai politik tersebut, sebab tidak semua partai politik semuannya mendapatkan banyak modal. Dan merujuk kepada :

1.      Sebagai warga negara yang baik kita harus turut serta dalam pemilu 2014
2.      Diharapkan kedepanya benar benar terjadi suatu evolusi yang dimulai dari kalangan ulama dan didukung oleh umara
3.      Kita sebagai pelajar harus meniru semangat pemuda dulu, dimana bagaimana keseringan mereka berkumpul untuk mencurahkanperhatian.
4.      Janganlah kita menjadi orang yang golput dalam pemilu, karena hal tersebut mempengaruhi tujuan hidup yang di buat oleh masing masing partai.











Lampiran


Keterangan :
Nama                         :                         Mohammad Arifin
Pendidikan                 :                belum sarjana
Tempat Tinggal         :         beliau tinggal di desa gaten RT 04/RW 26 condong catur,      depok, sleman, jalan wahid hasyim.
Beliau adalah ketua RT di Dabag, dan termasuk darah silsilah simbah KH. Abdul Hadi Assya’fii.
                                 



Artikel Terkait

Makalah Wawancara Pengetahuan Caleg Tentang Wawasan Kenegaraan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email